Liang teh, ya sobat pasti banyak yang awam mengenai minuman satu ini terutama kami yang ber tempat tinggal di Bali, sebagian besar pasti tidak mengenal minuman satu ini , karena memang benar benar awam di Bali.

Saya pertama sangat penasaran , ingin rasanya mencoba. Iseng membeli satu karena saran dari teman kebetulan asli Medan. Dan rasanya benar benar beda dengan Teh pada umumnya. Teh ini katanya bisa menyembuhkan penyakit panas dalam?? dalam pikiran ,wah hebat ya teh bisa menyembuhkan panas dalam. Sempat juga berpikir ko dinamai liang teh? liang itu artinya batang mungkin jadi liang teh , teh yang dari batang tanaman teh ( pikiran polos dan menyesatkan) .

Sekian lama penasaran akhirnya mencoba untuk mencari cari informasi tentang apa sebenarnya Liang Teh itu dan bahan bahan yang digunakan untuk meraciknya.

Fakta mengejutkan yang didapat dari Liang teh yaitu :

1. Namanya Liang Teh tapi tidak ada hubungan nya dengan tanaman teh. Atau bisa dibilang tidak dibuat dari daun teh .
Teh yang kita minum biasanya terbuat dari daun teh yang di keringkan, dan ada juga jenis teh yang di campur dengan tanaman obat lainnya . Walaupun di sebut liang teh minuman ini tidak dibuat dari daun teh. Liang teh termasuk teh herbal yang di buat dari tumbuh tumbuhan herbal , seperti teh Chrysanthemum ( atau teh krisan )  dan teh kembang sepatu. Maka rasanya agak aneh .

2. Dicampur dengan berbagai tanaman khas Tiongkok
Teh Liang pertama di ciptakan di Tiongkok atau China , di campur dengan berbagai tanaman herbal yang ada di Tiongkok. Biasanya di campur dengan lebih dari 5 bahan campuran, di campur dengan sedemikian rupa sehingga kita kenal dengan Liang Teh sekarang , hebat ya Negeri Tirai Bambu.

3. Bisa meredakan panas dalam
Kata liang yang artinya dingin , jadi liang teh , teh yang bisa mendinginkan badan/ dalam kata lain bisa meredakan panas dalam . Teh ini sangat di percaya berkhasiat dalam menyembuhkan panas dalam . saya juga merasakan hasilnya karena memang bisa meredakan panas dalam ataupun sakit tenggorokan.

4. Rasa Tawar
Sebenarnya Liang teh aslinya rasanya tawar dan tidak boleh di campur dengan gula, karena gula itu bersifat panas dapat mengurangi khasiat untuk meredakan panas dalam .
tapi dalam kebanyakan penyajiannya LIang teh biasanya rasanya manis karena sudah di campur dengan rebusan gula.

Itulah fakta dari Liang Teh minuman khas dari negeri tiongkok, bagi yang penasaran silahkan beli sekali dan coba rasakan khasiatnya..







EmoticonEmoticon