Bosen liburan ke tempat tempat itu mulu di Bali, saat nya move on guys .. ke objek yang membuat adrenalin tertantang karena perjalanan yang melelahkan dan suasan alam yang indah di bali. Wisata Air terjun , klo bisa di bilang Bali ini komplit ya , dari segi wisata , segalam macam wisata ada di bali guys , dari wisata malam , adventure , beach, diving , danau, spiritual dan ga kalah menarik wisata air terjun.

Air terjun di Bali tersebar di setiap penjuru daerah , bahkan di Nusa Penida pun ada Air terjun unik , bayangkan guys , ini daerah spectacular , Satu satunya di Dunia. 
Maka dari itu admin sangat berterima kasih jika kalian yang tertarik kesini , bantu kami menjaga kepulauan ini agar tetap menjaga alam , budaya dan adat istiadanya.. 
Klo semua saling menghargai akan sangat membantu mepertahankan Bali kedepannya. 

Lanjut ke topik ya guys....

INILAH AIR TERJUN SUPER DUPER KEREN DI BALI MENURUT ADMIN LIKE YOU WANT :

1. Air Terjun Aling Aling


Foto credit @katezimina

Ari terjun Aling Aling, salah satu air terjun yang spektakuler di Bali.  Keindahan alam dan tebing tebing bebatuan menambah daya tarik air terjun ini.  
Tinggi air terjunsekitar 30 meter dan debit air yang deras. Dasar air terjun terdapat sungai seperti kolam alami bisa untuk mandi.. 

Uniknya air terjun ini bisa untuk seluncuran kayak plosotan di Wateerboom guys. 

Lokasi :
Jl.  Raya Desa Sambangan, Sambangan,  Kecamatan Sukasada, Buleleng (Cek Map ).
Kurang lebih sekitar 110 kilometer dari kota denpasar.  

Tiket Masuk
Sementara ini tidak dipungut biaya untuk masuk ke kawasan ini hanya donasi seiklasnya untuk merawat dan memperbaiki fasilitas untuk wisatawan.  

Yang Perlu Diperhatikan dan Dipersiapkan.
Karena air terjun ini menantang kalian untuk nyobain sensai prosotan alami dan berendam dikolam yang jernih dan segar.  
Siapkan pakaian ganti..  So kalian pasti basah percaya..  
Dan jam yang pas... Sampai di air terjun ini pagi antara jam 9 sampk siang...  Hindari sore hari karena takut hujan..  Jalanan agak licin.  

2. Air Terjun Sekumpul


Foto @sashajuliard

Kumpulan air terjun,  itlah asal nama dari Sekumpul dan sampai sekarang banyak orang mengenal dengan nama Air Terjun Sekumpul
Wisatawan asing biasa menyebut dengan istilah Seven Point Waterfall karena air terjun ini terdiri dari  7 titik air terjun

Kondisi medan yang dan masuk kepedalam jadi semakin menambah semangat untuk mencapai Air terjun ini...  Anak Tangga yang lumayan banyak dan kontur jalan yang sempit akan sangat menguras tenaga untuk dapat mencapai titik lokasi air terjun.
Di tengah perjalanan terdapat spot atau tempat beristirahat sejenak dan bisa melihat Air Terjun dari ketinggian, sampai disini lelah terbayar baru setengah 50%. Sisanya mesti bersabar dan melalui medan yang cukup menantang. Sebelum mencapai air terjun kita harus menyebrang sungai dengan melewatinya dengan jalan kaki namun harus tetap berhati hati karena bebatuan disini lumayan licin.  Pada akhirnya akan di bayar penuh tanpa keraguan sampai di titik finished dengan keindahan dari Air Terjun Sekumpul. Mempesona..   😍😍 ga bisa ngebayangin deh kalian..   

Lokasi : 
Desa Lemukih,  Kecamatan Sawan, Kabupaten Buleleng (Cek Map )
Berjarak 76 kilometer dari Kota Denpasar 

Tiket Masuk 
Datang ke air terjun di pumungut tiket masuk yang murah hanya dengan kisaran Rp.5k anda sudah bisa menjelajah air trjun dan meinikmati keindahan alam di sekitaran air terjun. 


Yang perlu di persiapkan
Baju Ganti..  Karena sampai di lokasi bisa dipastikan basah..   Akses jalan menuju air terjun di haruskan melewati sungai karena belum disediakan fasilitas jembatan. So siapkan minimal bawahan dan atasan , karena tiba di lokasi rembesan air yang terjun  bakalan mengenai badan kalian. 

Juga yang perlu di perhatikan , waktu terbaik mengunjungi air terjun ini sekita jam 08.00 - 09.00
menghindari hujan karena dataran tinggi curah hujan. 


.
3. Air Terjun Tembok Barak 


Foto @mdbakta_kardana

Nah, air terjun yang satu ini memiliki daya tarik sendiri seperti namanya, Air Terjun Tembok barak jika dalam bahasa Indonesia Tembok Barak artinya Tembok Merah. Sesuai dengan namanya barak yang dimaksudkan ini adalah tebing yang mengapit air terjun ini warnanya kemerahan, jadi cocok kalau dipadukan dengan warna air, kecerahan akan dapat menghasilkan foto yang ciamik.

Untuk mencapai lokasi air terjun anda harus siap siap berjalan kaki sepanjang 600 meter melewati perkebunan dan persawahan penduduk sekitar. Ya ini wajib klo mau wisata ke air terjun syarat pertama kaki harus siap  pegal , hehehehe. Tapi lelah itu kita terima dengan lapang dada, karena pemandangan luar biasa akan kita dapatkan setelah sampai di titik lokasi .

Lokasi :
Desa Sambangan , Kabupaten Buleleng.
Berjarak kurang lebih 80 kilometer dari Kota denpasar , perjalanan kurang lebih 2,5 jam dalam keadaan normal melalui Jl Denpasar - Singaraja.

Tiket Masuk :
Untuk sementara belum dikenakan tiket masuk, tapi seiringnya berjalan waktu kemungkinan akan di kenakan tiket masuk karena sudah banyak yang datang untuk mengunjungi objek ini, untuk perawatan dan fasilitas.

Persiapan :
Karena lokasi air terjun tidak begitu luas , hari terbaik agar bisa lepas dan bebas untuk mengambil gambar yaitu pada hari Senin - Jumat , karena hari libur atau sabtu akan banyak yang mengunjungi tempat ini.
Jam terbaik pada jam 8.00 - 09.00 .



4. Air Terjun Peguyangan 



foto @robintuck1

Jika air terjun di atas berada di daerah ketinggian sekarang Bali menghadirkan hal yang berbeda dan lebih berwarna yaitu Air Terjun Peguyangan. Air Terjun Peguyangan terletak di kawasan tebing pantai yang curam yang berhadapan langsung dengan laut lepas di Nusa Penida. Berbeda dengan air terjun laiinya air terjun ini bersumber dari mata air suci yang di mana di kawasan ini merupakan areal pura dan tempat bagi umat hindu untuk melukat. Dan air terjunnya sendiri buangan dari mata air ini dan jatuh ke laut.

Hadir seperti oasis sumber mata air di tengah teriknya udara di Nusa Penida , sumber mata air ini memiliki debit air 120 liter per detik namun belum bisa di manfaatkan secara optimal karena keterbatasan sumber daya.

Lokasi : 
Desa Batukandik , Kecamatan Nusa Penida , Kabupaten Klungkung (  ( Cek Map )
kurang lebih 25 kilometer dari pelabuhan Nusa Penida dimana terlebih dahulu kita harus menyebrang dari Bali - Nusa Penida bisa melalui Pelabuhan Padang Bai kurang lebih 45 menit lama  perjalanan  menggunakan spead boat.

Tiket : 
Untuk tiket menyebrang dari bali - Nusa Penida ( one way ) dikenakan kurang lebih Rp. 100.000/pax dari Pelabuhan Padang Bai.
Sewa motor kurang lebih Rp. 100.000 /hari
Tiket masuk ke objek lokasi kurang lebih Rp. 10.000/pax

Yang Perlu di Perhatikan : 
Untuk wanita Haid di larang, karena kawasa pura dan disucikan. Untuk menghindari hal hal yang tidak dingginkan .
Bagi yang takut ketinggian , berpikir 2 kali dulu mengunjungi tempat ini karena jalan menuju lokasi melalui anak tangga buatan dan tebing yang sangat curam.
Baju ganti karena kalian akan mandi di kolam mata air guyangan yang sangat segar ,
seperti invinity pool di Hotel bintang 5 , kolam alami langung dengan pamandangan laut lepas.


5. Air TejunLeke Leke 

Foto @bary_sukarta instagram


Air terjun leke leke , sesuai namanya jika di artikan ke Bahasa Bali Leke Leke artinya semak belukar, tapi menurut penduduk setempat leke leke berarti jalan berliku liku tapi liku likunya ga seperti hidup kalian ya.. karena ini pasti ,, klo kalian kan ga... . Dinamai seperti itu karena untuk mencapai air terjun ini harus menempuh perjalanan  berliku liku.

Lokasi air terjun ini terbilang cukup mudah di termukan, jika melewati Jalan Denpasar - Singaraja , tiba di Desa Mekarsari akan ada petunjuk jalan menuju lokasi air terjun ini. Sekitar dua kilometer melewati pemukiman dan kebun jagung milik warga setempat.

Kendaraanpun akan berhenti di Area parkir yang sudah di sediakan berdekatan dengan pintu start atau pintu masuk ke kawasan air terjun. Tiba disana kita di haruskan membayar tiket masuk dan diberikan tongkat sebagai aplikasi tambahan yang tidak bisa didownload di Play Store, ingat ya tidak bisa di unduh........  tongkat ini bisa di jadikan navigasi ringan agar tidak terjatuh saat berjalan ke air terjun.

Dalam perjalanan kita akan bertemu 2 jembatan yang di buat dengan bambu namun dengan teknik pembuatan yang berbeda. Yang satu di buat dengan anyaman dan yang satu dengan menyusun batang batang bambu. tapi ingat tidak ada jembatan penghubung kalian dengan mantan. ....

Tiba di lokasi kalian akan di suguhkan dengan pemandangan air terjun yang menakjubkan , cocok buat selfie dan foto foto tunggal untuk di shared di media sosial. Air Terjun ini tipe air terjun tunggal dengan debit air yang tidak besar tapi yang unik tanaman rambat seperti paku dan tanaman sulur menghipit di tebing - tebing air terjun menambah kesan eksotis jika berfoto disini.

Kawasan air terjun ini merupakan tempat melukat atau melakukan upacara pembersihan lokal setempat jadi jaga sikap dan hargai kawasan ini untuk menghindari terjadi hal hal yang tidak diinginkan.

Lokasi : 
Banjar Kerobokan , Desa Mekarsari , Kecamatan Baturiti, Tabanan. ( cek map )
Sekitar 50 km dari Kota Denpasar , Melewati Desa Marga, Kecamatan Marga.

Tiket Masuk : 
Untuk memasuki dan melihat keindahan air terjun , kalian harus rela membayar Rp, 10.000 per orang. atau jika tidak kalian bisa menonton youtube melihat keindahan air terjun ini. hehe

Hal yang perlu di perhatikan : 
karena admin belajar anti mainstream jadi kalian mesti ingat jaga sikap dan kata kata memasuki kawasan air terjun. termasuk kawasan yang di sucikan.
waktu yang pas adalah pada pagi hari jam 08.00 - 09.00 , untuk santai dan bisa berfoto dengan bebas.


Oke , sobat itulah tentang 5 Air Terjun yang super keren menurut admin like you want .

Jika kalian suka tinggal like dan ga suka jangan komen.. hehehehe...
Ketemu lagi di blogger kita selanjutnya ..



EmoticonEmoticon