Bersih pangkal sehat, sehat pangkal kaya, jadi kalo bersih akan kaya... :)
Hari minggu, waktunya menyegarkan pikiran dari hiruknya suasana kota, kita kembali ke desa dan menggunakan seluruh kemampuan dan ketenganan pikiran untuk memberikan apresiasi positf terhadap lingkungan. Tepatnya bersih bersih, segarkan otot, pikiran dan mata. Sekalian mendalami makna alam sebenarnya. Saya menceritakan mengenai bersih bersih di Merajan Agung di Puri Taman Marga, program bersih bersih  diadakan setiap minggu dan diprakarsai oleh generasi penerus yaitu para pemuda pemudi Puri, saya sebagai pemuda puri yang ikut berkecimpung didunia bersih bersih ini merasakan dampak dari bersih bersih yang sangat dasyat, lingkungan menjadi tertata rapi, burung burung berkicau dan yang pasti bebas dari kotoran. itulah makna dari bersih bersih pada umumnya. Mebersih di sini kita memberanikan diri dan mengendalikan amarah dalam mengolah sisa banten dan kotoran yang melekat pada Area Suci Merajan Agungb karena sehari sebelumnya diadakan upacara Tumpek Landep, Mebersih dengan kesungguhan hati dan pikiran itulah arti dari bersih yang sesungguhnya.

Ada beberapa hal yang saya dapat dari bersih bersih di Merajan Agung yaitu 
1. Ada satu momen kumpul kumpul sodara dan membagi ide ide yang dipakai untuk jangka panjang , program yang ingin dirancang. 
2. Tempat berbagi cerita dan saran bagi generasi yang lebih muda dan mengajarkan untuk mengikuti program positif lainnya agar pikiran mereka berkembang. 
3. Dapat berbagai ide jika kita mempunyai suatu masalah "sharing problem and solve the problem, karena banyak otak otak yang bergabung disana dan ide tidak muncul hanya satu asalkan tidak otak kotor, 
4. Menjalani apa yang di sebut yadnya, yang merupakan pedoman dari umat hindu di bali dalam menjalankan kegiatan keagamaan. Dimana kita dengan iklas dan tulus melakukan kegiatan yang berhubungan dengan pelinggih, merajan, dan upacara laiinya. 





EmoticonEmoticon