Related post, sangat penting untuk blog, kenapa ? jika tidak ada related post para pengunjung blog akan kesulitan menemukan artike yang terkait dengan topik yang di anggapnya menarik. Memang untuk saat ini related post tidak di sediakan langsung oleh blogger dalam widget officernya tapi kita harus mengedit sendiri dengan cara menambahkannya pada template. Bagi yang mengerti Coding tentu hal ini tidak begitu sulit. Tapi untuk orang yang masih awam atau baru membangun blog tentu tidak mudah menambahkan related post pada blog mereka. 
Saya kebetulan baru merintis blog dan sangat awam mengenai coding atau code HTML, dan sangat sulit bagi saya merubah template agar bisa memunculkan ini di blog saya. Untungnya ada para rekan - rekan blogger yang mau berbagi informasinya pada google. 
Setelah beberapa kali mengikuti langkah langkah yang ditunjukan, blog saya masih tetap tidaj bisa memunculkan related post. Akhirnya saya kecewa dan membuat related artikel dengan cara sederhana yaitu membuat pada akhir paragraph dengan cara manual menghubungkan link yang memperkuat dari tema artikelnya. 
Benar benar jenuh, karena harus dua kali kerja dan menghubungkan link dengan cara manual dangatlah menyita waktu dan kesabaran. 
Pada akhirnya tanggal 1 Mar 2014 , saya bisa memunculkan related post, kebetulan saya mempunyai tiga blog, 2 blog saya pakai percobaan dan satu blog untuk keseriusan. Nah pada blog percobaan ini saya bisa memunculkan related post, dengan cara biasa yang di tujukan rekan rekan blogger di internet. 
Tapi tips nya di sini adalah related post tidak akan muncul di pratinjau blog atau review blog pada dassboard blog. Anda harus log out terlebih dahulu dan mencari alamat blog atau kata kunci blog nya kalian sehingga kalian default mencari blog di search engine. 
misalnya , untuk blog saya karena ada tema dengan kata kunci unik saya buka di komputer lain dan cara di search engine : Bubur Marga , maka saya akan menemukan blog saya dan langsung mengklik dari sana , keluarlah related post yang sudah saya edit tadi. 
Demikian akhirnya semangat untuk blogger lahir kembali dan saya peringati hari dimana saya bisa mengedit temlate itu dengan hari edit temlate sekantor ( karena saya editnya di kantor). 
 


EmoticonEmoticon