Menjadi pendengar yang baik merupakan suatu kewajiban bagi kita dengan lawan bicara,( teman, sahabat, sodara, keluarga, partner kerja) ini akan menjadikan kita teman yang dipercaya sebagai tempat curhat.


Menjadi pendengar yang baik sangat besar pengaruhnya dalam pergaulan, menjadi pendengar  menunjukan bahwa kita memang care terhadap lawan bicara, dan menjadikan lawan bicara kita nyaman dalam bercerita tentang hal yang menarik,sedih, serius bahkan tentang rahasia yang selama ini mereka tutupi dengan orang lain. Tapi hati - hati jika kita tidak mempunyai prisai diri atau bisa menyaring apa yang kita dengarkan nanti kita bisa ikut terjerumus dalam profokasi verbal orang yang kita dengarkan, maka dari itu sebelum mendengarkan kita harus siap tameng agar hal - hal yang negatif yang mungkin membuat kita terjerumus dan hal hal profokasi yang akan memberikan pengaruh negatif bagi pikiran kita : 

Berikut ini ada tips ringan yang mungkin bisa dijadikan pertimbangan dalam bercerita dan mendengarkan obrolan dengan orang lain. Sebagai berikut : 

CARA POSITIF MENDENGARKAN LAWAN BICARA 

4. Memberikan perhatian 
Saat teman atau pasangan mengajak anda berbicara, coba perhatikan mereka , jangan sibuk dengan hal - hal lain seperti bermain dengan smartphone, bbm, line , facebookan atau menggaruk - garuk kepala anda, karena ini sangat berpengaruh bagi teman lawan bicara anda. Mereka akan merasa lebih dihargai. 

3. Jangan Menyela
Disini dibutuhkan kesabaran, saat teman anda berbicara jangan menyela dan dengarkan mereka dengan seksama. Saat anda tidak setuju atau kompalin mengenai apa yang dia utarakan atau katakan tunggu sampai dia berhenti dan menelan air ludah mentah mentah:). 
Ini bisa mengurangi kesalahpahaman antara anda dan lawan bicara anda, pahami betul apa yang ingin dia utarakan dan coba mengutarakan apa yang ingin kalian sampaikan setelahnya. 
ini juga sangat berpengaruh saat kita rapat atau diskusi. 

2. Bertanya 
Bertanya adalah salah satu hal yang sangat membantu anda mendengarkan perkataan teman lawan bicara anda, cobalah untuk bertanya satu hal yang berkaitan dengan apa yang dia bicarakan karena ini akan mengakibatkan teman anda akan nyaman bicara kepada anda. Sehingga ngobrol kalian akan nyambung. 

1. Memberikan Respon 
Saat teman kalian bercerita mereka menginginkan kita memberikan respon, anda harus mengenal dan memperhatikan hal ini dengan baik, jawab pertanyaan mereka dan berikan respon positif sebisa kita. Dengan ini menunjukan bahwa anda memperhatikan apa mereka bicarakan.

CARA AGAR TIDAK TERPENGARUH PROFOKASI ATAU PENGARUH BURUK LAWAN BICARA

3. Saring apa yang anda dengarkan
Coba saring apa yang anda dengarkan dari lawan bicara anda, saring ini dimaksud jika apa yang lawan bicara kita utarakan bertolak belakang dengan ajaran agama, hukum dan laiinya. Jika anda suda saring pembicaraan lawan bicara anda, dan topiknya sudah mengarah profokasi ke hal yang negatif, ada baiknya jika anda sudah merasa pembicaraan tu menjerumuskan ada baiknya perlahan - lahan menjauh dari lawan bicara anda secara halus. 
Bisa bilang sakit perut, kebelet kencing, kena sembelit, kena diare atau lain sebagainya. Agar kita terjauh dari pembicaraan lawan bicara kita.  

2. Ganti Topik Pembicaraan 
Jika anda sudah merasa pembicaraan anda sudah keluar jalur dengan lawan bicara anda, ada baiknya anda mengalihkan pembicaraan dengan mengganti topik pembicaraan anda, tentu ada baiknya mencari waktu yang tepat untuk merubah alur obrolan anda. Ini juga untuk menghargai lawan bicara anda agar mereka tidak merasa tersinggung dan direndahkan. 

1. Berpura - pura sibuk 
ini dipakai saat ada ceramah yang menurut anda tidak sepihak dengan pendapat anda, berpura pura sibuk seperti di telpon teman atau kerabat anda, anda bisa meminta ijin keluar dari ruangan itu dan mengambil waktu santai diluar atau bahkan meninggalkan lawan bicara anda secara langsung, tapi ingat ijin dulu seadanya. 

Demikian cara yang simple yang mungkin bisa membantu anda, Good luck............










EmoticonEmoticon